Rekomendasi Buku Keris IV

Judul Buku :Ensiklopedi Keris

Pengarang : Bambang Harsrinuksmo
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, Januari 2004
Jumlah Hal : 630 hal (Berwana + Hitam Putih)
Bahasa : Indonesia
Kondisi : sesuai foto, masih dalam kondisi baik (jahitan baik, tidak ada halaman robek atau hilang), kekurangannya mungkin ada sedikit terkelupas di cover kiri bawah namun sudah ada sampul jadi aman, ada sedikit noda-noda jamur pada kanan bawah karena lama disimpan

Harga : Rp. 2.500.000,-

ULASAN BUKU :

Tampaknya Buku Ensiklopedi Keris karangan seorang sesepuh master Bambang Harsrinuksmo sudah termasyur di kalangan masyarakat perkerisan sebagai Buku pegangan atau Kitab bagi mereka yang ingin mengenal dunia tosan aji. Kawruh Padhuwungan terindex dengan rapi dari A sampai Z dalam bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh mereka yang baru belajar. Meski banyak peminat entah kenapa buku ini masih belum dicetak ulang oleh Gramedia sebagai pemegang Hak distribusi, menjadikannya legenda yang sangat langka ditemui di pasaran dan membuka ladang bagi mereka yang menerbikan buku versi repronya. Wajib dimiliki bagi mereka yang ingin memulai petulangannya dalam rimba dunia tosan aji.




Judul Buku : Keris Indonesia
Pengarang : Basuki Teguh Yuwana
Penerbit : Citra Sain LPKBN dan PT Keris Nusantara Lestari
Cetakan : 2011
Jumlah Hal : 135hal (hitam putih)
Dimensi : 14 cm x 20,5 cm
Bahasa : Indonesia
Kondisi : OK

Harga : 350.000,-

ULASAN BUKU :

Buku-buku tulisan Basuki Teguh Yuwana selalu tidak pernah bosan untuk ditunggu. Tulisan-tulisannya sangat ilmiah dengan bahasa yang runtut, mengasyikkan dan enak untuk dipahami, baik mereka yang ingin mulai mengenal tosan aji hingga mereka yang sudah lama menggeluti dunia tosan aji, karena selalu ada ‘kawruh baru’ yang dibawa. Evolusi keris dari mulai tangguh purwacarita hingga nom-noman, juga rumpun keris luar jawa (bali, lombok, sumatera, bugis, sumbawa, maluku, kalimantan) diulas secara lumayan detail disini. Kekurangannya mungkin adalah dimensi buku hanya seukuran novel, serta hitam putih saja.





Judul Buku : Spirit of Wood – The Art of Malay Woodcarving
Pengarang : Farish A. Noor and Eddin Kho
Penerbit : Periplus
Cetakan : 2003
Jumlah Hal : 176 hal (berwarna)
Bahasa : English
Dimensi : 23,5 cm X 31 cm / 1,5 kg
Kondisi : Bekas (nyaris seperti baru)

Harga : 1.750.000,- (TERJUAL) Tn. A Malaysia

ULASAN BUKU :

Buku sangat langka setebal 176 hal ini berisi puluhan foto  berwarna dan gambar ilustrasi yang cantik mengenai seni kriya kayu di Malaysia. Ditulis dalam bahasa Inggris, mengetengahkan beberapa bab pembahasan, diantaranya : pembahasan dari sisi pengrajin, mitos mengenai kayu, menafsirkan seni kriya kayu di malaysia, kerajaan Langkasuka, dan lain-lain. Tidak salah menjadikan buku ini termasuk koleksi buku yang wajib di miliki oleh kolektor prbadi atau perpustakaan-perpustakaan.




Judul Buku :Panangguhing Dhuwung

Pengarang : Mas Ngabehi Wirasoekadga
Penerbit : Sadu Budi Solo
Cetakan : 1955
Jumlah Hal : 31 hal
Bahasa : Jawa
Kondisi : bekas, cover belakang ada sedikit sobek

Harga : Rp. 285.000,-

ULASAN BUKU :

Buku ini diamini semua orang menjadi salah satu “kitab suci” bagi mereka yang ingin sungguh-sungguh mempelajari tangguh pusaka mulai dari jaman Pajajaran hingga tangguh Surakarta, terlebih ditulis oleh yang capable dalam bidangnya, yakni Mas Ngabehi Wirasoekadga (1893-1939) salah satu mantri pande keraton Surakarta yang hidup pada jaman Pakubuwono X. Kesimpulan pribadi penulis jika kita “saklek” (baca= text book) menggunakan literatur ini sebagai pedoman dalam menangguh sebuah pusaka, akan dijumpai banyak hal-hal berbeda mengenai sebuah tangguh dengan apa yang sudah “mapan” atau disepakati oleh banyak orang dan komunitas perkerisan saat ini. Pada akhirnya perbedaan suatu tangguh bukanlah harus dicari benar atau salahnya atau difanatikkan berlebihan, tapi menambah keanekaragaman budaya keris sesuai dengan aspek “oral dan intangible” keris yang diakui oleh UNESCO. Sedikit kekurangannya adalah pada bagian cover belakang sedikit sobek. Meski begitu buku ini layak dikoleksi karna faktor kelangkaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *