Jaminan dan Garansi

DATA & FAKTA

  1. Lebih dari 60% tosan aji yang ditawarkan di pasar (baca : dimaharkan) merupakan keris, tombak, pedang hasil owah-owahan (daur ulang, maupun kamalan/prosesan). Mengapa demikian? Keris original sepuh jumlahnya tetap karena tidak diproduksi lagi atau bahkan berkurang karena faktor usia dan jaman. Selain itu karena tuntutan pasar yang cukup tinggi untuk dhapur-dhapur tertentu maka hadirlah produk-produk tersebut.
  2. Ilmu tangguh keris bukanlah ilmu pasti seperti matematika. Ilmu Tangguh adalah ilmu mengira-ngira usia dan asal/zaman sebuah keris. Kedua, Tangguh dapat pula diartikan sebagai perkiraan model garap sebuah tosan aji meniru/mengikuti model garapan dari zaman tertentu. Khusus pada point kedua inilah yang sering dimaanfaatkan “seller nakal“, dimana penangguhan hanya berdasarkan ciri/garap/gaya. Keris baru yang diproses sedemikian rupa asal memenuhi ciri/gaya majapahit disebut tangguh semisal Majapahit. Untuk menangguh sebuah keris, tombak atau pedang dibutuhkan olah rasa, pengalaman dan jam terbang tinggi, terlebih lagi bagi penjual diperlukan budaya kejujuran untuk menjaga keorisinilan sebuah tosan aji dan memberikan perkiraan Tangguh yang paling mendekati. Dan untuk menangguh semua keris yang ada di Griyokulo sengaja kami serahkan ke pihat ketiga yakni Museum Pusaka TMII sebagai second opinion sekaligus quality control yang diharapkan bisa memberikan penilaian lebih netral.
  3. Seperti kata pepatah “kadang belajar itu mahal”. Kami tidak ingin pengalaman kami di masa lampau dalam mulai belajar mencintai Tosan Aji terulang kepada Anda-anda sekalian. Selain itu memahami sebuah karya masa lampau dalam hal ini tosan aji tidaklah cukup hanya melalui pengamatan secara visual saja, tetapi juga meresapi makna filosofis yang terkandung di dalamnya sebagai sebuah kearifan lokal nusantara. Jika ingin mulai ikut serta handar beni dan hamemetri  (memiliki dan memelihara) Tosan Aji, Griyokulo adalah salah satu rujukan yang tepat.
  4. Beberapa/sebagian isi website berserta foto-fotonya, sengaja kami hapus atas pemintaan pemahar yang menginginkan privacy dari pusaka yang telah dimahar.

JAMINAN DAN GARANSI

  1. Griyokulo menjamin bahwa semua Tosan Aji yang dimaharkan adalah koleksi pribadi bukan koleksi pihak-pihak lain  serta didapat secara sah, baik dari memahari milik orang lain, pemberian orang lain, penemuan-penemuan, maupun warisan keluarga.
  2. Griyokulo menjamin semua Tosan Aji yang dimaharkan bukan Tosan Aji hasil daur ulang keris lama, hasil kamalan/prosesan supaya terlihat sepuh, atau dhapur gubahan. Merujuk peribahasa “Tak ada Gading yang Tak Retak“, semua kondisi kami biarkan asli apa adanya.
  3. Griyokulo akan mengembalikan uang mahar 100% tanpa dipotong biaya apapun apabila dikemudian hari diketemukan hal-hal yang tidak sesuai, seperti sertifikat palsu/tidak sesuai dengan database Museum Pusaka TMII, ataupun Anda dapat memberikan pencerahan/kawruh kepada kami jika Anda menemukan Tosan Aji yang didapat dari Griyokulo tidak seperti yang ditawarkan.

 

——————

 Salam Budaya

Griyokulo (Jan, 2015)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *