Talang Mas Bendho Segodo

10590558_1712292255668741_9142982091114899016_n

Mahar : 3,750,000,- (TERMAHAR) Tn.H, Jakarta Timur


 
  1. Kode : GKO-244
  2. Dhapur : Jalak Nyucup Madu (sogokan talang mas)
  3. Pamor : Bendho Segodo
  4. Tangguh :  Madura (Abad XVII)
  5. Sertifikasi : Museum Pusaka TMII No : 567/MP.TMII/X/2017
  6. Asal-usul Pusaka : Kolektor Palembang
  7. Keterangan Lain : warangan lama

 

Ulasan :

FILOSOFI – Keris Lurus, pemaknaan hidup selalu di jalan yang lurus adalah sesuai dengan filosofi keris lurus (dhapur bener). Bagaimana dapat menuju kepada pengerian ‘hidup yang lurus’ tak lepas dari keyakinan bahwa ‘urip ana sing nguripake‘ (hidup ada yang menghidupkan) dan suatu saat akan kembali kepada yang menghidupkan, yaitu Tuhan. Nasihat ‘eling sangkan paraning dumadi’ menjadi pengingat agar manusia selalu menjaga sikap dan perbuatan di dunia karena kelak akan diminta pertanggung-jawabannya di hadapan Tuhan. Dalam menjalani hidup, orang Jawa memegang prinsip urip samadya. Dengan sikap samadya manusia akan dapat mengukur kemampuannya sendiri, tidak memaksakan kehendak untuk meraih sesuatu yang tidak mungkin diraihnya, apalagi dengan cara-cara yang tidak halal. Rela jika kehilangan sesuatu (lila lamun kelangan nora gegetun), menerima dengan sabar jika mendapat perlakuan yang menyakitkan hati (trima lamun ketaman saserik sameng dumadi), ikhlas menyerahkan diri pada Tuhan (legawa nalangsa srah ing bathara) dan selalu bersikap menerima apapun yang telah diberikan Tuhan (nrima ing pandum).

Dalam kaitannya dengan Manembah Gusti (vertikal), juga dibutuhkan kepekaan hati nurani sebagai rambu-rambu pengingat atau pameling. Karena ketidakmampuan menahan godaan  akan menjauhkan dari fokus atau tujuan semula. Sehingga dalam menjalani hidup manusia Jawa akan senantiasa golek dalan padhang, berbuat lurus, tidak melakukan hal-hal yang dilarang Tuhan.

TENTANG DHAPUR & TANGGUH, keris ini menggunakan ricikan sederhana yakni; gandik lugas dan eri pandan. Pada bagian sor-soran hingga pertengahan bilah terdapat cekungan mirip dengan sogokan di tengah bilah. Kearifan lokal yang beredar di masyarakat perkerisan seringkali menamakan bentuk dengan ricikan seperti ini dengan sebutan talang mas.

Tak dipungkiri keris talang mas ini membawa rasa keris wetanan (jawa timuran) pada material besi dan pamornya. Tantingannya ringan, besi halus jika diraba dan nyaring bunyinya jika disentil dengan ujung jari. Sedangkan pamornya kalem merata di sepanjang bilah. Gonjo wiludnya yang lebar berpadu dengan bilahnya yang ramping menambah kewangunan-nya tersendiri.

PAMOR BENDHA SEGADA, Apa arti bendha segada sebenarnya? Artinya adalah bendha sebesar gada. Bendha disini bukanlah sama artinya dengan ‘benda’ atau dalam bahasa indonesia berarti ‘barang’, tetapi adalah nama sebuah tanaman atau pohon. Dalam bahasa Sunda tanaman bendha disebut cariu (semacam tumbuhan merambat yang buahnya seperti petai tetapi jauh lebih besar, isinya dipergunakan untuk memasak, kurang lebih sebesar telur mata sapi). Sedangkan segada adalah sebesar gada, orang jawa biasa menyebut benda yang dianggapnya lebih besar dari ukuran rata-rata dengan ukuran segadha.

Pamor bendha segada tergolong pamor yang banyak penggemarnya. Bentuk gambaran pamor ini menyerupai bulatan bulatan pamor yang terangkai mengelompok rapat, tersusun dari bawah ke atas sepanjang bilah. Ditinjau dari terjadinya pamor, bendo sagodo tergolong pamor rekan, yakni pamor yang bentuk gambaranya telah dirancang terlebih dahulu oleh sang Empu. Menurut sebagian pecintanya, keris dan tombak dengan pamor bendo sagodo ini mempunyai tuah yang dapat membuat pemilikya lebih gampang mencari rejeki besar dan mengumpulkan hasil yang banyak. Oleh karena itu, pamor ini banyak dicari oleh mereka yang hidup sebagai pedagang. Pamor ini tergolong tidak pemilih, dapat cocok dipakai oleh siapapun.

Dialih-rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.


Contact Person :
 

Griyokulo Gallery Jl. Teluk Peleng 128A Kompleks TNI AL Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan

Facebook : Griyo Kulo SMS/Tlp/WA : 0838-7077-6000 Pin BB : 5C70B435  Email : admin@griyokulo.com

————————————

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *