Suratman Ketip

10590558_1712292255668741_9142982091114899016_n

Mahar : 3,500,000,-(TERMAHAR) Tn. J Gresik


 suratmanketib
  1. Kode : GKO-189
  2. Dhapur : Tilam Upih
  3. Pamor : Ketip
  4. Tangguh : Madura Sepuh Abad XVI
  5. Sertifikasi : Museum Pusaka TMII No : 612/MP.TMII/XI/2016
  6. Asal-usul Pusaka : Pekalongan, Jawa Tengah
  7. Keterangan Lain : warangka dusun, kolektor item

  foto-keris-suratman kris-certification-of-museum

Ulasan :

Keberadaan motif gambar pamor dan penerapannya di atas permukaan bilah keris, tentu bukan sekedar hanya untuk memenuhi keindahan belaka. Fungsi tersebut memang menjadi faktor utama yang sangat mendapat perhatian dan menguras skill dalam rancang garap dari sang Empu sehingga menjadi daya tarik tersendiri khususnya untuk pemenuhan akan kebutuhan keris ageman yang memfokuskan kepada tampilan fisik dari suatu keris pusaka. Namun bagi kebutuhan khusus seperti keris tayuhan keberadaan pamor diperhitungkan berdasarkan atas tujuan lain yang lebih tersembunyi dan mendalam. Keris Tayuhan mempunyai chemistry-nya (hubungan batin) sendiri bagi sang pemilik dan lebih banyak di sinengker-kan.

Yang tidak kalah menarik, ternyata bahwa setiap lukisan dari motif pamor yang menghias permukaan bilah juga merupakan bagian dari suatu sistem simbol tertentu. Simbol-simbol tersebut memiliki karakter, nilai-nilai dan arti dan harapan-harapan yang manusiawi dan memiliki maksud dan pengaruh psikis, serta muatan sugesti terhadap pemiliknya yang disebut angsar (tuah).

keris-suratman pamor-ketip

keris-suratman-ketib pamor-ketib

FILOSOFI, Seperti pamor ketip lethrek yakni motif yang menghias bilah menyerupai uang logam yang ditata rapi secara berderet, dipercaya dapat mendatangkan suatu rejeki dan terus menarik rejeki-rejeki yang lain. Uang logam yang terdiri dari dua sisi sebagai pengingat dimana hidup ini selalu terdiri dua sisi dalam satu lingkaran yang saling bertautan dan tak terpisahkan, apabila salah satu dari keduanya tidak ada, maka yang satu lagi menjadi sia-sia. Hidup selalu memiliki dua sisi yang berbeda dan lengkap dengan kompleksitas mereka masing-masing. Banyak hal hal yang tak terpisahkan dari hidup dan selama kita hidup : ada surga ada neraka, ada siang ada malam, ada kelahiran ada kematian, ada perjumpaan ada perpisahan, ada si kaya dan si miskin, ada boss ada bawahan, ada sehat ada sakit, ada jahat ada baik dan lain sebagainya. Kehidupan yang sempurna adalah seperti roda yang terus berputar, ada hal yang harus diperjuangkan, dan ada hasil atas keringat dan darah yang diteteskan ; ada hal-hal yang dapat kita ubah dalam hidup, namun ada beberapa hal yang sudah ditentukan sejak kita lahir yang mesti kita jalani dengan ikhlas, sebagai Surataning Manungso.

 Dialih-rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.


Contact Person :
 

Griyokulo Gallery Jl. Teluk Peleng 128A Kompleks TNI AL Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan

Facebook : Griyo Kulo SMS/Tlp/WA : 0838-7077-6000 Pin BB : 5C70B435  Email : admin@griyokulo.com

————————————

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.