Tombak Temuan Sungai Brantas

termahar logo griyokulo

MAHAR : Rp. 1.450.000,-(TERMAHAR) Mr. P Semarang


  • Dhapur : Kudhup Gambir?
  • Pamor : ?
  • Tangguh : Kabudhan/Singosari Awal
  • Asal-usul Pusaka : Temuan aliran Sungai Bengawan Brantas
  • Panjang wilah : 32 cm
  • Panjang Pesi : 8 cm
  • Panjang Total : 40 cm

tombak temuan tombak temuan sungai


tombak temuan sungai brantas tombak sungai brantas

korosi tombak temuan methuk tombak langka

Tampak pada kondisi temuan (kotor), tombak tersedimentasi tebal dengan korosi patina, pasir dan batu. Patina ini memiliki ciri diantaranya berwarna hitam pekat dan melekat erat seperti aspal, halus sekali jika diraba, serta banyak pasir lembut dan kerikil kecil yang ikut membentuk patina. Patina semacam ini juga bisa menjadi indikator pembeda suatu keris dan tombak ditemukan di daerah kering (darat) atau basah (dasar sungai), usia/lamanya terendam, dan tingkat keaslian korosi (alami atau buatan). Karena karat atau korosi yang tidak alami dan belum lama  biasanya berwarna merah, dengan butiran agak besar dan mudah mengelupas.

lipatan besi untug cacing

Metuk pada bilah tombak ini sepertinya menyatu dengan wilah (iras), methuk masih melekat dengan tunjung  (selubung landheyan ) mirip tunjung pataka kerajaaan (berbentuk selongsong bersusun 4 atau 5) berbahan besi aji, di dalam tunjung tersebut tampak pesinya utuh (tidak patah). Hanya saja bagian tunjung sudah sangat rapuh, tidak bisa diselamatkan, karena ikut hancur seperti bubur pasir ketika dibersihkan.

korosi temuan sungai sesetan

korosi unthug cacing ujung tombak

Dari sela-sela patina yang terkelupas terlilhat besi dengan spasi tempa lebar berlapis-lapis, nyekrak tapi dengan rabaan pulen lembut dan halus, berbeda dengan korosi buatan yang cenderung nyekrak tapi tajam (kasar) ketika diraba. Garis-garis alur lipatan tempa masih terlihat disela-selanya teradapat korosi berbentuk unthuk cacing dan gelembung-gelembung kecil di bawah permukaan besi (asli tidak bisa ditiru korosi buatan ). Cocok untuk pusaka tindih, atau mereka yang ingin belajar korosi alami (ratusan tahun). Foto-foto kondisi awal penemuan juga kami sertakan sebagai alat bukti yang sah yang mendukung ‘status temuan’. Dimaharkan kondisi ligan (tanpa landeyan dan penutup).

Dialih-rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.


Contact Person :
 

Griyokulo Gallery Jl. Teluk Peleng 128A Kompleks TNI AL Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan

Facebook : Griyo Kulo SMS/Tlp/WA : 0838-7077-6000 Pin BB : 5C70B435  Email : admin@griyokulo.com

————————————

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *