Keris Luk 7 Temuan sungai Bengawan Solo

termahar griyokulo

MAHAR : Rp. 1.899.000,-(TERMAHAR)


  • Dhapur : Unknown (tidak diketahui)
  • Pamor : Ceprat-Ceprit (sedikit)
  • Tangguh : Majapahit Awal
  • Asal-usul Pusaka : Temuan aliran Sungai Bengawan Solo
  • Panjang wilah : 30 cm
  • Panjang Pesi : 6 cm

keris luk 7 temuan luk 7 temuan

Selalu ada passion (gairah) tersendiri apabila membahas keris temuan, walaupun lebih banyak ditemukan dalam keadaan yang tidak sempurna lagi tidak mengurangi greget dan pesonanya bagi sebagian pecintanya. Ada apa dengan keris temuan kendati bentuknya tidak utuh lagi tetapi tetap diburu?

Pertama, Keris temuan selalu diasosiasikan dengan Tangguh Sepuh (Purwacarita, kabudhan, Singasari. Majapahit awal dll). Meskipun kadang berbentuk tidak utuh, kita masih bisa mengenali dan mengapresiasi garap sebuah pusaka temuan dari bagian yang tersisa.

Kedua, adalah soal kepercayaan (esoteris). Keris-keris sepuh ini dipercaya bisa menindih dan menetralisasi pengaruh negatif keris-keris lainnya. Strata perkerisan, tertulis atau tidak, sebenarnya mengacu pada sistem patronize dalam budaya jawa. Orang yang paling dihormati adalah yang paling tua. Meskipun tidak berlaku secara kaku, dalam tatanan sosial masyarakat jawa, namun diutamakan yang tua didahulukan. Jadi hal yang lumrah saja, bila kemudian dalam perkerisan, keris-keris temuan ini diletakkan sebagai sesepuh (keris pengasuh) dan diyakini bisa meredam daya-daya buruk yang memancar dari keris yang lebih muda.

Ketiga, adalah keindahan garap (estetika). Salah satu kehebatan keris-keris tangguh sepuh  sanget adalah penempaan besinya yang sempurna, menggunakan jenis besi yang secara visual dapat dibedakan dengan besi jaman sekarang. Selain itu bentuknya yang sederhana dan kerusakan korosif alamiahnya membuat keris temuan terkesan kuno dan antik.

dan Keempat adalah faktor kelangkaannya. Pusaka-pusaka temuan sangatlah sedikit ada di pasaran, sehingga para pecinta keris temuan adalah mereka yang berjodoh berbahagia mendapatkan karunia untuk merawat pusaka ini.  Bayangkan jika anda dikaruniai “sesuatu yang lain” daripada kebanyakan.

Keadaan Awal Penemuan :

Keris dengan “Label” penemuan akan lebih valid jika disertakan foto/detail awal penemuan. Berikut adalah sedikit history dari keris penemuan yang kami miliki :

keris temuan bengawan solo keris temuan brantas

keris temuan sungai patina hitam

Sedikit flash back ke belakang, pada waktu kita dapatkan dalam keaadan kotor terdapat sedimen (patina) tebal dan keras berwarna merah bata (kemungkinan terendam di daerah kering/pingir sungai), berbau wengur yang amat sangat ketika direndam dalam air kelapa dan ketika patina dibakar hanya membara (tidak keluar nyala api). Bagian hulu kayu yang sudah tidak utuh sengaja kami belah untuk melihat bentuk pesi sebagai bahan pembelajaran. Pesi yang ada dalam bilah ini berbentuk kotak, relatif utuh karena mungkin masih terlindung hulu keris sehingga tidak mengalami proses karbonisasi.

pesi kotak untug cacing

keris temuan singosari sesetan keris

Secara Umum jumlah Luk  masih bisa dikenali (tujuh), dengan tarikan luk awal yang unik (agak jarang) diakhiri luk akhir yang tegak (mucuk). Hanya saja pada bagian gandik sudah tidak bisa diketahui apakah dulunya mempunyai sekar kacang atau memang aslinya bergandik lugas (tanpa ricikan). Ricikan tersebut akan mempengaruhi penyebutan nama dhapur. Besi pandes membatu, sisa patina, korosi sesuai alur lipat tempanya pada wilah dan “unthuk cacing ” asli alami khas pusaka temuan.

keris tangguh majapahit awal keris majapahit awal

Silahkan cermati detailnya diatas, sesetan, unthuk cacing, korosi alaminya, dan bandingkan dengan keris-keris baru prosesan yang mengaku keris-keris temuan. Belum afdol rasanya jika seorang kolektor belum mempunyai koleksi keris temuan.

Dialih-rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.


Contact Person :
 

Griyokulo Gallery Jl. Teluk Peleng 128A Kompleks TNI AL Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan

Facebook : Griyo Kulo SMS/Tlp/WA : 0838-7077-6000 Pin BB : 5C70B435  Email : admin@griyokulo.com

————————————

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *