Hulu Naradakanda

Harga : 550,000,- (TERJUAL) Tn. J, Bandung


  1. Perabot : Hulu
  2. Model : Naradakanda
  3. Bahan : Kayu (tayuman?)
  4. Dimensi : Tinggi 8 cm, lebar atas 2,5 cm, lebar bawah 2,2 cm
  5. Keterangan Lain : kuno kondisi baik, krawangan, ada pesi kurung

Ulasan :

NARADAKANDA, lebih populer sebagai salah satu bentuk wanda ukiran gaya Yogyakarta, dimana bentuknya memang mengadopsi bentuk karakter wayangnya dengan perwujudan bentuk cebol, bulat, perut buncit, bermuka tua, dengan kepala yang khas menengadah ke atas. Padahal jenis ukiran Naradakanda sebenarnya sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Kartasura. Dengan demikian masyarakat perkerisan di Surakarta juga mengenal bentuk ukiran jenis ini. Namun dalam perkembangan sejaran, ukiran wanda Naradakanda versi Surakarta (rare kagok) kurang dapat merakyat, karena dirasa kurang sesuai jika dijodohkan dengan bentuk warangka gaya Surakarta.

Wanda Naradakanda memang lebih serasi dipasangkan bersama warangka gaya Yogyakarta, terutama dengan warangka jenis gayaman. Pemakai ukiran wanda Naradakanda biasanya orang yang telah berumur, atau mereka yang berprofesi sebagai guru/ulama: karena ukiran ini mencerminkan karakter kasepuhan. Di lingkungan keraton sendiri, pada zaman dahulu biasanya pemakai ukiran ini kebanyakan adalah abdi dalem ulama di masjid agung keraton

KRAWANGAN, adalah hulu keris yang pada bagian cecekan-nya diukir hingga tembus. Membuat krawangan pada cecekan relatif sulit karena ukiran tersebut harus simteris benar sisi kanan kirinya, karena bila tidak simetris, lubang krawangan itu bukannya memperindah malahan memperburuk penampilan. Karena memerlukan kesabaran dan kehati-hatian ekstra dari sang meranggi itulah harga ukiran dengan krawangan pada umumnya lebih mahal daripada yang tidak. Apalagi bila krawangan pada cecekan itu dibuat rapi dan manis.

Ditawarkan sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera


Contact Person :
 

Griyokulo Gallery Jl. Teluk Peleng 128A Kompleks TNI AL Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan

Facebook : Griyo Kulo SMS/Tlp/WA : 0838-7077-6000 Pin BB : D403E3C3  Email : admin@griyokulo.com

————————————

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.