Kidang Mas HB Akhodiyat

termahar griyokulo MAHAR : Rp. 2.499.000,- (TERMAHAR)


kidang mas HB 5 kidang mas HB V
keris HB Vsertifikasi museum pusaka tmii kidang mas hb v

  1. Kode : GKO-11
  2. Dhapur : Kidang Mas
  3. Pamor : Wengkon Isen Akhodiyat
  4. Tangguh : HB V Abad XVIII
  5. Sertifikasi : Museum Pusaka TMII No : 32/MP.TMII/II/2015
  6. Asal-usul Pusaka : Daerah Suruh, Salatiga
  7. BONUS : Warangka Gayaman Yogya Kemuning Nginden  dan Sandang Walikat

Ulasan :

Dengan gandik lugas, seakan keris ini menjadi sederhana. Tetapi dibalik kesederhanaan itu, Keris Kidang Mas sering menampilkan daya tarik tersendiri. Semakin dalam kita mengamati keris dapur Kidang Mas, maka semakin terlihat keindahan dibalik kesederhanaan itu. Demikian pula jika kita cermati, mencari keris berluk tanpa kembang kacang tetapi tetap terkesan indah dan luwes sesungguhnya juga tidaklah mudah seperti yang kita sangkakan. Tanpa Kembang Kacang, luk keris dari tarikan awal haruslah benar-benar pas sesuai petungnya.
keris hb 5 kidang mas mataram hb 5
keris kidang mas mataram hb 5
Keris Kidang Mas ini bertangguh Majapahit Yasan HB V (baca: ditempa sesuai ciri/karakter keris jaman majapahit, dibuat pada jaman Mataram HB V tahun 1800-an). Keris Tangguh HB V adalah perpaduan antara keris majapahit dan mataram. Bilah lebih kecil dan ramping seperti keris-keris majapahit, pamor kalem tetapi tegas, pola gradasi serta rabaan besi dan pamor sangat lembut semakin memantapkan karakter Mataram HB V.
Pamor Akhodiyat
Bila pada permukaan bilah keris ada bagian yang kecermelangan pamornya menonjol dibandingkan dengan kecemerlangan pamor di sekitarnya, bagian yang lebih cemerlang itulah yang disebut pamor akhodiyat. Sepintas lalu pemor akhodiyat tampak seperti lelehan logam-keperak-perakan yang putih mengkilat.
wengkon isen akhodiyat pamor akodiyat
keris akodiyat kidang mas hb akodiyat
Menurut keterangan Empu Pauzan Pusposukadgo, pamor akhodiyat dapat terjadi karena suhu yang tepat pada saat penempaan, sedangkan menurut pengamat seni keris lainnya, pamor akhodiyat dapat terjadi jika suhu pengikiran pada tahap akhir pembuatan keris itu tepat. Karena pamor akhodiyat tidak dapat dirancang sebelumnya, pamor ini tergolong tiban, terjadi karena kehendak Tuhan YME, bukan rekayasa sang Empu. Pamor akhodiyat kadang-kadang disebut pamor akordiat atau angkawiyat atau pamor kodiat, tergolong pamor yang disukai orang dan dianggap mempunyai tuah yang baik.
Secuil paparan di atas hanyalah sekilas tentang keindahan keris dapur Kidang Mas dari aspek fisik semata. Lebih jauh dari itu, jika kita berusaha mengupas lebih dalam, sesungguhnya Kidang Mas memiliki makna filosofi hidup. Sebagian Orang berpendapat Keris Luk 9 Kidang Mas memiliki filosofi sebagai simbol kejayaan /puncak pencapaian dari suatu ikhtiar yang di lakukan. Berpadu dengan Pamor Wengkin Isen bentuknya mirip bingkai (wengkon artinya bingkai, isen artinya berisi) tuahnya baik untuk yang sudah berkeluarga, yakni perlindungan pemilik beserta keluarganya dari hal/hal buruk atau bahaya tak terduga, menghindari godaan rumah tangga, memperbesar rasa hemat dan untuk menghindari dari ilmu hitam.

Dialih-rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.


Contact Person :
 

Griyokulo Gallery Jl. Teluk Peleng 128A Kompleks TNI AL Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan

Facebook : Griyo Kulo SMS/Tlp/WA : 0838-7077-6000 Pin BB : 5C70B435  Email : admin@griyokulo.com

————————————

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *