Carubuk

sold-outMAHAR : Rp. 2.121.000,-(TERMAHAR)


keris carubuk 2 carubuk keris carubuk griyokulo dhapur carubuk
sertifikasi museum pusaka tmii carubuk

  1. Kode : GKO-10
  2. Dhapur : Carubuk
  3. Pamor : Blarak Sineret
  4. Tangguh : Majapahit  Abad XIII
  5. Sertifikasi : Museum Pusaka TMII No : 31/MP.TMII/II/2015
  6. Asal-usul Pusaka : Grobogan, Jawa Tengah

Ulasan :

Keris yang tak kalah legendaris dari zaman peralihan Majapahit dan Demak Bintoro adalah Carubuk. Sama hal-nya dengan keris Sengkelat, keris Carubuk dalam perjalanan sejarah dan kecermelangan reputasinya tidak banyak rujukan tertulis yang bisa dicari, melainkan lebih banyak sekali cerita mitosnya. Konon pusaka dhapur Carubuk pertama kali dimiliki oleh Kanjeng Sunan Kalijaga. Dhapur Carubuk mengandung makna momot bakuh pengkuh, dimana manusia hendaknya jangan menghindari tantangan dengan memilih yang baik-baik dan menolak yang jelek.

Pamor blarak sinered pada jaman dahulu, khusus dibuat untuk para pemimpin dan bangsawan, tidak untuk dimiliki rakyat biasa. Pamor blarak sineret merupakan pamor keris yang paling dicari oleh para penggemar pusaka tosan aji dikarenakan tuah keris ini yang diyakini sangat kuat (menjunjung kewibawaan dan juga baik untuk pergaulan karena di sayang orang sekelilingnya baik pihak atasan atau bawahan) serta tingkat kesulitan pengerjaannya relatih lebih rumit dan memerlukan waktu yang panjang dibandingkan pamor lain, maka tidak mengherankan harga mas kawin keris dengan pamor blarak sinered lebih tinggi dibandingkan yang lain. Apabila kita cermati, pamor yang menempel pada guratan-guratan yang berbentuk seperti daun kelapa pada bilah telah terkikis oleh perjalanan sang waktu, menjadi saksi bisu perjalanan hidup dan kemasyuran sang pemilik dari abad ke abad.
carubuk griyokulo
Yang menjadi lebih istimewa adalah, dhapur Carubuk koleksi kami ini bertangguh majapahit akhir. Menurut referensi dan catatan sejarah, desain awal dhapur carubuk adalah di jaman keruntuhan majapahit atas inisiatif Sunan Kalijaga kepada Mpu Supa. Boleh dikatakan ini adalah bentuk generasi pertama dari dhapur carubuk yang ada di bumi Nusantara.

Dialih-rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.


Contact Person :
 

Griyokulo Gallery Jl. Teluk Peleng 128A Kompleks TNI AL Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan

Facebook : Griyo Kulo SMS/Tlp/WA : 0838-7077-6000 Pin BB : 5C70B435  Email : admin@griyokulo.com

————————————

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *