Rekomendasi Buku Keris

Judul Buku :  Keris Senjata Pusaka (1980)
Pengarang : Moebirman
Penerbit : Yayasan Sapta Karya
Cetakan : Jakarta, 1980
Jumlah Hal : 120 hal teks dan Gambar Hitam Putih
Dimensi : 20 cm x 14,5 cm
Bahasa : Bahasa Indonesia
Kondisi : Bekas Terawat (hal 6&7 pada pengantar kosong dari percetakannya)

Harga: Rp. 250.000,- 

ULASAN BUKU :

Buku ini membahas dunia perkerisan secara ringkas, padat dan jelas. Mulai dari sejarahnya, fungsinya, bagian-bagian keris, perabot keris, dhapur, pamor hingga cara mewarangi keris. Buku lama yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bagian Cover depanpada buku ini sengaja penulis jadikan background pada web griyokulo. Pada beberapa halaman pengantar diketemukan kosong (cacat cetak) dari penerbitnya, namun jangan khawatir akan kami berikan copyannya sehingga anda tidak akan melewati satu halamanpun.




Judul Buku :  Keris
Pengarang : Drs. Hamzuri
Penerbit : Djambatan
Cetakan : Ketiga 1993
Jumlah Hal : 64 hal teks dan Gambar Berwarna dan Hitam Putih
Dimensi : 20 cm x 25 cm
Bahasa : Bilingual Indonesia dan English
Kondisi : Bekas Terawat (sedikit noda lengket pada cover depan)

Harga: Rp. 250.000,- 

ULASAN BUKU :

Salah satu keunggulan buku ini adalah menggunakan resources (bahan) foto-foto dari koleksi museum pusat Jakarta. Ditulis secara singkat namun runut, mulai dari jaman sebelum pajajaran hingga jaman Yogya-Solo. Masalah ricikan, dhapur dan pamor keris tidak ketinggalan disajikan. Dilengkapi dengan foto-foto warangka dari berbagai daerah menambah kualitas referensinya tersendiri. Sangat layak dimiliki terlebih sudah tidak mudah lagi menemukan buku-buku keris jadul yang bermutu.




Judul Buku : Tafsir Keris / Kris: An Interpretation
Pengarang : Toni Junus
Penerbit : Komunitas Panji Nusantara
Cetakan : Mei, 2012
Jumlah Hal : 256 hal (Berwarna)
Dimensi : 23 cm x 31 cm
Bahasa : Bilingual Indonesia dan English
Kondisi : Baru (Cover plastik asli penerbit)

Harga: Rp. 750.000,- (TERJUAL) Tn. T Cikarang

ULASAN BUKU :

Buku ini memberikan perspektif lain mengenai keris sebagai warisan intangible. Jika buku-buku sejenis lainnya menampilkan pembahasan yang umum mengenai keris, tulisan-tulisan yang ada pada buku ini tergolong berani membahas topik “sensitif” yakni isoteri. Sebagai sebuah tafsir tentu saja sudut pandang yang ada bisa menjadi subyektif dari kacamata penulis. Namun yang paling menarik adalah Toni Junus sanggup memberikan sample-sample “keris pilih tanding” sekelas Kiyahi hingga Kanjeng Kiyahi dengan asal usul pusaka atau trah yang jelas, yang membuat flash back seolah kita berjalan menjelajahi ke jaman-jaman kerajaan terdahulu melalui ruang imajinasi.




 Judul Buku :Panangguhing Dhuwung

Pengarang : Mas Ngabehi Wirasoekadga
Penerbit : Sadu Budi Solo
Cetakan :
Jumlah Hal : 31 hal
Bahasa : Jawa
Kondisi : bekas, terawat (BONUS = terjemahan dalam bahasa indonesia)

Harga : Rp. 250.000,- (TERJUAL) Tn. T Cikarang

ULASAN BUKU :

Buku ini diamini semua orang menjadi salah satu “kitab suci” bagi mereka yang ingin sungguh-sungguh mempelajari tangguh pusaka mulai dari jaman Pajajaran hingga tangguh Surakarta, terlebih ditulis oleh yang capable dalam bidangnya, yakni Mas Ngabehi Wirasoekadga (1893-1939) salah satu mantri pande keraton Surakarta yang hidup pada jaman Pakubuwono X. Kesimpulan pribadi penulis jika kita “saklek” (baca= text book) menggunakan literatur ini sebagai pedoman dalam menangguh sebuah pusaka, akan dijumpai banyak hal-hal berbeda mengenai sebuah tangguh dengan apa yang sudah “mapan” atau disepakati oleh banyak orang dan komunitas perkerisan saat ini. Pada akhirnya perbedaan suatu tangguh bukanlah harus dicari benar atau salahnya atau difanatikkan berlebihan, tapi menambah keanekaragaman budaya keris sesuai dengan aspek “oral dan intangible” keris yang diakui oleh UNESCO. Kami sediakan BONUS terjemahan dalam Bahasa Indonesia, yang meski banyak kata-kata yang menurut hemat kami agak susah dibakukan ke bahasa indonesia tetapi paling tidak akan banyak membantu kita untuk memahaminya.




Judul Buku : Pesona Hulu Keris
Pengarang : Toni Junus & Aswin Wirjadi
Penerbit : PT. Indonesia Kebanggaanku
Cetakan : Februari 2011
Jumlah Hal : 182 hal (Berwarna) ; Indonesia – English (Hard Cover)
Kondisi : Bekas Terawat

Harga : Rp. 1.500.000,- (nett) TERJUAL Tn. PKJ Jakarta Barat

buku pesona hulu keris pesona hulu keris

buku keris IMG_20170119_083021

buku keris pesona hulu pesona hulu

ULASAN BUKU :

Satu hal yang paling menarik, buku ini mengambil (niche) tema khusus yang jarang dibahas oleh buku keris lainnya utamanya mengenai perabot (hulu) pada keris. Koleksi hulu pribadi milik Aswin Wiryadi dari berbagai penjuru Nusantara, mulai dari Surakarta, Yogyakarta, Pesisir Jawa (Cirebon), Madura, Bali-Lombok, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan hingga daerah Semenanjung mampu divisualisasikan secara indah dan artisitik. Duet dengan sang maestro Toni Junus terbukti menyuguhkan narasi bak sebuah cerita dengan muatan mitologi dan fakta seni yang tidak membosankan. Apa yang tersaji dalam buku ini akan sedikit banyak memberikan pencerahan akan keanekaragaman karakter hulu nusantara yang mempesona. Membawa sebuah racun, seolah menggoda untuk mencoba mutrani hulu yang ada di buku? 175 halaman rasanya begitu singkat.




Judul Buku : Keris Jawa Antara Mistik dan Nalar

Pengarang : Haryono Haryo Guritno
Penerbit : PT. Indonesia Kebanggaanku
Cetakan : pertama, Januari 2006
Jumlah Hal : 458 hal (Berwarna)
Kondisi : Bekas 95% seperti baru

Harga : Rp. 1.350.000,- (nett) TERJUAL Tn. DY Jakarta Pusat

bukukeris jawa keris jawa antara mistik dan nalar buku keris jawa antara mistik dan nalar

keris jawa haryono haryo guritno buku haryono haryo guritno

ULASAN BUKU :

Siapa yang tak kenal sosok di balik buku ini? Ya beliau adalah Haryono Haryo Guritno, salah satu sesepuh juga pendekar di dunia perkerisan Indonesia yang masih tersisa. Kita merasa beruntung dapat ngangsu kawruh kepada beliau melalui buku ini. Seluk beluk dunia perkerisan ditulis secara runtut dalam buku ini, mulai dari sejarah keris dari masa ke masa, pembuatan keris, relief dan hiasan keris, perabot keris, hingga penilaian terhadap suatu keris. Mata kita juga dimanjakan dengan suguhan foto-foto keris langitan yang membuat betah berlama-lama untuk membolak-balik 450-an halaman berwarna dan hitam putih dengan berat 3 kg lebih ini. Tidak disangsikan buku ini sangat cocok bagi mereka yang berniat mendalami lebih kawruh padhuwungan ke level selanjutnya. Barangkali harga buku 2nd ini akan membantu ambisi anda untuk memiliki buku ini yang oleh sebagian kalangan berkesan eksklusif.




Judul Buku : Pamor dan Landasan Spritual Senjata Pusaka Bugis
Pengarang : Ahmad Ubbe, Andi M. Irwan Zulfikar dan Dray Vibrianto Senewe
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : 2011
Jumlah Hal : 366 hal (Berwarna) ; Indonesia
Kondisi : Baru Stock Lama 98% (packing ulang)

Harga : Rp. 500.000,- (nett) TERJUAL Tn. A Kuala Lumpur

buku senjata pusaka bugis buku pamor dan landasan spiritual

buku senjata bugis senjata bugis

ULASAN BUKU :

Buku ini seolah menjadi pelepas dahaga akan kurangnya referensi atau literatur mengenai keris-keris luar jawa. Tridente Ubbe, Andi dan Vibrianto menampilkan sinergi dan performance apik dalam menyuguhkan sebuah karya intelektual dan dokumentasi lengkap mengenai polo bessi sebagai benda kebudayaan sekaligus senjata spiritual. Dalam buku ini banyak menampilkan foto-foto koleksi Polo Bessi lebih dari 1000 bilah dari The Bugis Makassar Polo Bessi Club. Buku ini juga menyajikan khazanah Lontara Gajang tentang pemaknaan motif dan pola pamor pada suatu polo bessi. Aspek teknis pembuatan pamor itu sendiri dalam sejarahnya telah berlangsung sejak masa prasejarah (Galigo) lalu periode sejarah (lontaraq) dan terus berlanjut hingga kini. Tak  heran buku ini diberikan kata sambutan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik (Periode Oktober 2004 – Oktober 2011). Rugilah kita jika tidak mengkoleksinya.

 




 Judul Buku :Ensiklopedi Keris
Pengarang : Bambang Harsrinuksmo
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, Januari 2004
Jumlah Hal : 630 hal (Berwana + Hitam Putih)
Bahasa : Indonesia
Kondisi : Hal Pertama robek sedikit, hal lain utuh, ada katalog peluncuran buku
Harga : Rp. 1.350.000,- (nett) TERJUAL Tn. UW Kab. Hulu Sungai Selatan, Kal Sel

ULASAN BUKU :

Tampaknya Buku Ensiklopedi Keris karangan seorang sesepuh master Bambang Harsrinuksmo sudah termasyur di kalangan masyarakat perkerisan sebagai Buku pegangan atau Kitab bagi mereka yang ingin mengenal dunia tosan aji. Kawruh Padhuwungan terindex dengan rapi dari A sampai Z dalam bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh mereka yang baru belajar. Meski banyak peminat entah kenapa buku ini masih belum dicetak ulang oleh Gramedia sebagai pemegang Hak distribusi, menjadikannya legenda yang sangat langka ditemui di pasaran dan membuka ladang bagi mereka yang menerbikan buku versi repronya. Wajib dimiliki bagi mereka yang ingin memulai petulangannya dalam rimba dunia tosan aji.




Judul Buku : Pamor Dhuwung
Pengarang : –
Penerbit : UITGEVERIJ EN BOEKHANDEL
STOOMDRUKKERIJ DE BLIKSEM
Cetakan : 1929
Jumlah Hal :56 hal (Hitam Putih)
Bahasa : Aksara Jawa
Kondisi : Terawat

Harga : Rp. 350.000,- (nett) TERJUAL Tn. IBS, Serpong Tangerang

ULASAN BUKU :

Bagi pemburu manuskrip kuno, buku ini meskipun dari segi bahasa dan aksara terasa “roaming” karena menggunakan aksara jawa namun tetaplah wajib dimiliki karena membahas pamor keris yang jarang dituliskan pada buku lain.




Judul Buku : Keris Naga (Latar Belakang Penciptaan, Fungsi, Sejarah, Teknologi, Estetik, Karakteristik dan Makna Simbolis)
Pengarang : Basuki Teguh Yuwana
Penerbit : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan pengembangan Sumber Daya Pusat
Bahasa : Bahasa Indonesia
Cetakan : pertama, 2011
Jumlah Hal : 256 Hal (Berwarna, Teks dan Gambar)
Kondisi : Bekas, Masih Layak
 
Harga : Rp. 395.000,- (nett) TERJUAL Tn. PS, Kotagede Yogyakarta

ULASAN BUKU :

Tak diragukan lagi sosok Basuki Teguh Yuwana, sosok muda yang memiliki latar belakang lengkap sebagai peneliti, ilmuwan, dan konsisten menjaga tradisi. Dalam Buku Keris Naga (Latar Belakang Penciptaan, Fungsi, Sejarah, Teknologi, Estetik, Karakteristik dan Makna Simbolis) ini, BTY menulis secara mendalam macam-macam dhapur naga, teknis pembuatannya juga menghadirkan filosofi-filosofi yang jarang dikupas di buku-buku manapun. Buku-bukunya selalu menarik untuk ditunggu.




Judul Buku : Spirit of Wood – The Art of Malay Woodcarving
Pengarang : Farish A. Noor and Eddin Kho
Penerbit : Periplus
Cetakan : 2003
Jumlah Hal : 176 hal (berwarna)
Bahasa : English
Kondisi : Bekas sangat terawat

Harga : Rp. 1.500.000,- (nett) TERJUAL Tn. A, KL Malaysia

ULASAN BUKU :

Meskipun ditulis dalam bahasa inggris, buku ini mampu menghipnotis pembacanya melalui kekuatan visual photografinya. Detil-detil foto kriya dari kayu mulai dari panel, berbagai karya arsitektur, tak lupa yang paling menarik di mata pecinta tosan aji adalah ukiran tajong yang tersohor itu, seolah ditampilkan hidup dan bernyawa. Dicetak dalam edisi sangat terbatas menjadikan buku ini worth it (layak) menjadi buruan para kolektor dalam maupun luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *