Jalak Sumelang Gandring

sold-outMAHAR : Rp. 2.999.000,-(TERMAHAR)


keris sumelang gandring griyokulosumelang gandring griyokulo

sumelang gandringjalak sumelang gandring

  1. Kode : GKO-25
  2. Dhapur : Jalak Sumelang Gandring
  3. Pamor : Beras Wutah Gebagan
  4. Tangguh : Mataram Abad XVII
  5. Sertifikasi : Museum Pusaka TMII No : 69/MP.TMII/III/2015
  6. Asal-usul Pusaka : Cilacap, Jawa Tengah

Ulasan :

sumelang gandring sertifikasi

Sebuah dapur keris yang masih melegenda dikalangan masyarakat, dikenal luas lewat dongeng pencarian pusaka asli Keris Kyai Sumelang Gandring oleh Empu Supo sebagai perintah raja Majapahit yang kehilangan pusaka hebat tersebut. Ricikan keris ini antara lain : gandik polos, sogokan satu di bagian depan, selain itu keris ini juga memakai sraweyan dan tingil. Filosofi dari pusaka ini adalah kekawatiraan (Jawa : Sumelang) dan Gandring (Cinta kepada Sang Pencipta), sebagai perlambang kekawatiran hilangnya Cinta hamba kepada Tuhannya, dalam pengertian dimasa Majapahit sebagai lambang kekawatiran hilangnya Cinta Rakyat kepada Penguasa (raja) nya.

Dalam pemahaman secara pribadi mengandung filosofi bahwa setiap manusia harus selalu khawatir tentang cintanya kepada Sang Pencipta. Cinta kepada Sang pencipta tidak berbeda jauh dengan cinta kita kepada manusia, hal ini dapat diwujudkan dalam beberapa tindakan, antara lain :
1. Selalu mengingat-NYA
2. Selalu ingin memiliki-Nya
3. Selalu ingin bertemu dan dekat dengan-Nya
4. Selalu menjaga semua yang diberikan-Nya
5. Selalu melindungi semua miliki-Nya
6. Selalu mengerjakan semua keinginan-Nya dan meninggalkan yang tidak disukai-Nya
7. Memberikan apa yang diinginkan-Nya
Cinta yang terdalam sungguh mulia, apalagi jika cinta itu kepada sang pencipta kita. Apa jadinya jika Dia membalas Cinta Kita dengan cinta yang sama yang telah kita berikan?

Pamor Beras Wutah Gebagan

Teknik pamor Wos Wutah Gebagan memiliki kecanggihan yang berbeda dengan pamor wos wutah yang biasa. Pada keris wos wutah biasa tidak menampakkan gelombang gebagan (nginden) yang seolah-olah tertata rapi. 

sumelang gandring griyokulowos wutahpamor wos wutah nginden

Pecahan pamor wos wutah gebagan merupakan “aksara tali rasa” (dalam ilmu kejawen). Alurnya ritmik dan dinamis. Terbentuknya pecahan pamor itu ‘sangat alamiah’ itulah yang disebut pamor jwalono, yang sudah ahli bisa membaca dengan “rasa” karena aksara itu merupakan ilham Illahi. Sayang sekali kamera android milik kami kurang bisa menangkap detil nginden pamor yang dimaksud, selain karena keterbatasan tools, juga dikarenakan pamor sudah tidak utuh lagi dimakan usia.

keris sumelang gandring keris jalak sumelang gandring

Pamor Winih

Pamor winih adalah pamor yang terletak di bagian ganja. Bentuknya berupa bulatan berlapis-lapis, paling sedikit tiga lapisan,semacam “mata kayu”. Pamor winih tergolong baik dan dicari orang, karena konon jika ia memulai suatu pekerjaan akan bisa selesai dengan baik. Kata Winih berasa sari kata bahasa Jawa yang berarti benih atau bibit.

                                        sumelang gandring griyokulo

Pamor Sumber Mas

Pamor yang letaknya di bagian bawah ganja keris ini mirip pamor Udan Mas , jumlah bulatannya paling sedikit ada 3, Pamor ini dipercaya tuahnya sama dengan tuah Pamor Udan Mas.

Keris Jalak Sumelang Gandring tergolong sangat langka, dibandingkan dhapur keris jalak lain. Ditawarkan sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.

 Dialih-rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.

Contact Person :
 

Griyokulo Gallery Jl. Teluk Peleng 128A Kompleks TNI AL Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan

Facebook : Griyo Kulo SMS/Tlp/WA : 0838-7077-6000 Pin BB : 5C70B435  Email : admin@griyokulo.com

————————————

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *